waktu

Thursday, October 28, 2010

Gimana cara membedakan SDRAM, DDR1, DDR2, dan DDR3?

Sekedar peringatan, buat anda2 yg ahli komputer, dilarang keras baca tulisan ini, krn bisa bikin bego.. wkwkwk...

Well, here's the story, dimulai dari pencarian tulisan yg bisa ngejelasin bedanya antara SDRAM, DDR1, DDR2 dan DDR3, berakhirlah pencarian saya pd bikin tulisan sendiri. Jujur aja saya bukan ahli teknik komputer, jadi penjelasan2 itu ga teralu banyak gunanya buat saya, dan ga bikin lebih ngerti (kecuali dikit banget.. hehe..).

Dah banyak banget yg ngebahas RAM di banyak tulisan, dari mulai yg paling rumit sampe yg paling ringkas. Jadi, apa gunanya bikin tulisan lain?

Mmm... apa ya?? Utk memperkaya khazanah wacana ilmu komputer?? pret ah..!!
Gini aja, klo ternyata tulisan ini sama sekali ga ada gunanya ente boleh ngutuk diri ente sendiri krn dah buang2 waktu dan energi baca tulisan sampah.. =))

Hehe..

Gini,, klo kita mau upgrade ram kompie atau lappie (ciee.. istilahnya kompie - lappie..), kita ga bakal ditanya apakah singkatan ram? atau apakah bedanya bit dengan byte? dst..dst... paling kita ditanya; sdram, ddr1, ddr2 atau ddr3? Nah persoalannya, emang kompi kita pake yg mana? Gimana cara ngebedainnya?

Hmmm...

Mau tau kan??

Well, let's start with SDRAM alias Synchronous Dynamic Random Access Memory. Ciri2 makhluk yg satu ini, pertama dan utama, celah soketnya ada 2, jd klo kita nemu yg celah soketnya 1, dijamin bukan SDRAM, dan sebaliknya, klo nemu RAM yg celah soketnya dua, pasti SDRAM.. simple kan? Nah, selain itu, jelas kecepatannya yg beda dg RAM lainnya. Kecepatannya ini ditandai dg nama PC. SDRAM mulai dari PC 66, PC 100, sampai PC 133.

Ok, sekarang, gimana caranya ngebedain DDR1, DDR2 dan DDR3?

Pertama, yg pasti celah soketnya cuma 1, tapi posisinya beda.


Cuma, klo mau ngebandingin posisinya celahnya kan agak susah, tenang,, ada lagi cara lain, yaitu perhatikan chipsetnya, DDR1 pada umumnya berukuran persegi panjang, sedangkan DDR2 dan DDR3 berbentuk persegi empat (hampir) sama sisi, ada lagi cara yg lebih gampang ya liat PC-nya lagi tadi; DDR1: PC2100 (clock 266 Mhz), PC2700 (clock 333 MHz) dan PC3200 (clock 400MHz); DDR2: PC4200 (clock 533MHz), PC5300 (clock 667MHz), PC6400 (clock 800MHz). Bahkan sudah ada yang PC8000. Terakhir, DDR3, pada umumnya ram keluaran paling akhir ini dimulai dari PC8500, tapi ternyata ada juga PC3-6400. Selengkapnya:




So, gampang kan?
Klo pengen penjelasan yg lebih lengkap, klik aja linksnya.. :)


Dikutip dari:
The Story of RAM: 4 IDIOT

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls