waktu

Monday, November 8, 2010

ATA atau SATA?

once again,, pencarianku berakhir di sini..
rencana copas berakhir curhat..

ATA atau SATA?

pernah beli hardisk atau dvd-rom? salah satu pertanyaan yg mungkin muncul ya itu tadi, hardisk sata atau ata?

nyoba googling dan nemu jawaban di Yahoo, katanya..

ATA dan SATA adalah system transfer data dari dan ke hardisk. ATA itu masih menggunakan sistem paralel makanya sekarang dikenal dengan nama PATA. Karena pararel penggunaan kabelnya banyak, yaitu kabel IDE. SATA merupakan pengembangan ATA menggunakan sistem Serial yang bekerja secara multiplex sehingga irit kabel. ATA secara teoritis mentransfer data maksimal 133mbps sedangkan SATA 150mbps. Untuk SATA2 bisa mencapai 300 mbps.

jawaban tadi sebetulnya jawaban terbaik di Yahoo! Answers, dan mungkin bermanfaat buat yg mau nambah wawasan komputer, but still, it's not what I'm looking for.. krn yg sy cari sebetulnya 'for oon version', terlalu banyak istilah teknis bikin kepala jd pening..

people say that picture tells everything, meskipun ga terlalu percaya, tapi akhirnya saya beralih ke pencarian gambar, dan di sinilah aku menemukan si dia..

Kiri: soket hardisk SATA (Serial ATA)
Kanan: soket hardisk PATA (Parallel ATA) berjarum

Atas: kabel data IDE/ATA lebih lebar
Bawah: Kabel data + power SATA lebih kecil


mudah2an gambarnya cukup jelas buat nunjukin yang mana ATA dan yg mana SATA.. klo msh blm cukup jelas, atau pengen penjelasan yg lebih teknis tentang riwayat hidup si ATA sama si SATA, klik aja linknya atau googling aja.. :D


Sumber: ATA atau SATA?

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls