waktu

Monday, November 8, 2010

SATA AHCI or SATA IDE

SATA Controller
Ada beberapa kenalan saya yang mengeluh pada saya kalo laptop keluaran terbaru yang baru dibelinya tidak bisa diinstall dengan Windows XP, sebagian dari laptop tersebut sudah pre-loaded dengan Windows Nista (baca: Vista), dan sebagian cuma pre-loaded DOS atau Linux (lebih dikenal dengan istilah kosongan).

Nah… sebenarnya laptop-laptop tersebut bukan gak kompatible dengan Windows XP, letak permasalahannya sederhana sekali cukup dengan merubah setting SATA controller di BIOS saja dari AHCI menjadi IDE atau Compability (tergantung menu dan istilah yang digunakan pada BIOS laptop bersangkutan).

Tapi tentu saja banyak yang tidak ngeh dengan hal ini, sederhana tapi cukup membingungkan para “umat awam” yang bahkan gak ngeh sama sekali apa itu BIOS.

Anomali pada BIOS
Dari pengalaman, saya pernah ketemu dengan beberapa laptop yang setting SATA controller-nya bisa reset sendiri dari SATA IDE menjadi SATA AHCI (default). Hasilnya, setiap pengguna menghidupkan laptopnya beberapa detik kemudian akan keluar layar biru Windows yang legendaris itu (BSOD = Blue Screen Of Death) dibarengin dengan sederet informasi yang bikin pusing orang yang membacanya dan terakhir si laptop restart dengan sendirinya.

Pertama kalinya saya berkenalan dengan makhlus halus bernama SATA AHCI ini sekitar setahun yang lalu, tepatnya Nopember 2007.
Lihat postingan saya ini:
http://www.mail-archive.com/itcenter@yahoogroups.com/msg58284.html

Lebih aneh lagi, saya pernah ketemu laptop HP CompaQ, dah lupa tipenya, pada BIOSnya tidak ada menu untuk merubah setting SATA controllernya.

Laptop yang menurut saya *pada saat itu* aneh bin ajaib itu tidak bisa diinstall Windows XP, selalu diikuti dengan restart otomatis. Setelah puyeng seharian dan bertanya-tanya pada om Google yang baik hati, yang tidak pernah bosan meskipun yang bertanya itu bawel *banget*. Ketemulah jawaban permasalahan ini, yang ternyata biang keroknya adalah makhluk halus bernama SATA AHCI ini.

Nah, saya langsung coba cari settingan SATA di BIOS yang ternyata tidak ada! Solusi lain dari om Google, laptop tersebut harus ada Floppy Disk Drive nya untuk me-load driver SATA dengan F6 pada awal startup CD installer Windows XP, nah masalahnya emang hari gini masih ada laptop yang pake Floppy??? Please dech!

Solusi lainnya lagi, Slipstreaming CD Windows XP. Sebuah istilah yang digunakan untuk mengintegrasikan update, patch, setting, ataupun driver ke dalam CD installer Windows XP.

Nah proses slipstreaming ini rada ribet, dan berkat om Google *thanks* ketemulah tools yang bernama NLite www.nliteos.com plus driver SATA milik Intel.

Diawali dengan meng-copy isi satu CD Windows XP ke dalam 1 folder khusus di harddisk local, terus meng-extract driver SATA Intel, dan jalankan tools NLite untuk slipstream driver SATA ke dalam folder Windows XP tersebut. Selanjutnya masih dengan tools NLite meng-create folder tersebut menjadi ISO (image) dan di-burn menggunakan Nero.

Berakhir sudah puyeng-puyeng saya yang sudah berlangsung seharian itu disertai senyum kemenangan dan teriakan YES!!! *waktu itu saya bener-bener teriak* plus meninjukan kepalan tangan ke udara.

Itu kisah 1 tahun lalu saat masih menggunakan Windows XP SP2. Nah… kisah ini berulang lagi akhir tahun 2008, saat kantor baru beli laptop baru *kosongan* + WinXP SP3 OEM. Asumsi saya: WinXP SP3 yang secara resmi direlease oleh Microsoft kira-kira pertengahan 2008 seharusnya sudah lengkapi donk dengan driver SATA AHCI, sama seperti Windows Nista (baca: Vista) yang dapat mengenali controller SATA AHCI tanpa masalah. Maka saya dengan pede-nya, langsung booting menggunakan CD WinXP SP3 tersebut, hasilnya @#&@%!&#*% BSOD muncul dengan sukses. Microsoft S*CK!!!

Dengan terpaksa saya harus mengulangi “ritual” setahun yang lalu, slipstreaming WinXP SP3 dengan driver SATA ACHI. Pasti ada yang bertanya-tanya, bukannya sebelumnya sudah pernah sliptreaming, koq gak pake CD yang lama aja. Asal tau aja, itu WinXP SP2 dan saya bukan tipe orang kurang kerjaan yang abis install WinXP SP2 baru update ke SP3, apalagi laptop yang mau diinstall ada 4 biji. Bleh!!!

Microsoft Terkutuk!
Saya tidak pernah habis mengerti dan pastinya banyak tukang oprek diluar sana yang juga sama tidak mengertinya seperti saya, kenapa Microsoft ini tidak menyertakan driver SATA ACHI baik Intel, Nvidia, maupun lainnya ke release terbaru CD Windows XP SP3 nya? Apakah ini cara halus dari Microsoft untuk memaksa para pengguna setia Windows XP pindah ke Windows Vista-nya yang Nista???

Pertanyaan lainnya, tombol F6 itu hanya bisa membaca driver dari drive A alias Floppy Drive baik internal maupun USB, nah kalo sudah bisa membaca dari Floppy Drive USB harusnya juga bisa donk membaca dari Flash Disk USB, tapi kenyataannya TIDAK BISA!

Dan sialnya, rata-rata vendor laptop tidak menyediakan driver SATA ACHI berbentuk disket, tapi dalam bentuk file installer yang harus diextract terlebih dahulu dengan perintah khusus. Arrrggghhh !!!
Tampaknya memang ada sejenis konspirasi antara Microsoft yang terkutuk dengan para vendor laptop tersebut.

Tapi beruntunglah ada om Google, dan para tukang oprek di luar sana yang tidak segan untuk berbagi ilmu.

Sekian dulu sesi curhat kali ini, kesadaran sudah mulai berkurang alias ngantuQ. Btw… ini cuma sesi curhat bukan tutorial cara slipstreaming CD WinXP dengan driver SATA AHCI. Silahkan kunjungi website NLite www.nliteos.com dan om Google www.google.com

Ini hanya curhatan pribadi, tidak ada maksud untuk menyinggung pihak tertentu. Apabila ada yang merasa tersinggung apalagi tersungging, segera tinggalkan blog ini, karena Anda sudah memasuki daerah pribadi dan membaca apa yang tidak seharusnya Anda baca. (M5W)

Referensi Istilah:
NLITE http://www.nliteos.com/nlite.html
SATA http://en.wikipedia.org/wiki/Serial_ATA
AHCI http://en.wikipedia.org/wiki/Advanced_Host_Controller_Interface
IDE http://en.wikipedia.org/wiki/AT_Attachment
BIOS http://en.wikipedia.org/wiki/BIOS
BSOD http://en.wikipedia.org/wiki/Blue_Screen_of_Death
Slipstream http://en.wikipedia.org/wiki/Slipstream_(computing)
Windows Nista http://en.wikipedia.org/wiki/Criticism_of_Windows_Vista


Sumber: SATA AHCI or SATA IDE

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls